Monday, August 14, 2017

Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Variables

Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Variables


Konsep dasar pemrograman Java yang akan kita pelajari berikut ini adalah tentang variabel (Variables). Sebelum lanjut ke topik ini pastikan agan sudah  paham tentang Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Java Comments dan Membuat Hello World pada Java.

Variabel merupakan satuan dasar penyimpanan sebuah nilai pada pemrograman Java. Sesuatu yang tersimpan di dalam sebuah variabel disebut dengan nilai (value). Nilai dalam suatu variabel dapat berubah selama berjalannya program.

Variabel diberi nama atau indetifier seperti seperti luas area, lebar, panjang, umur, tinggi, dan sebagainya. Nama variable secara unik akan mengidentifikasi setiap variabel, memberikan nilai pada variabel dan mengambil nilai yang tersimpan.

Iklan dl gan ternyata ada loh quotes tentang variable, nih kuot nya, keren juga sih : One man's constant is another man's variable.

Jadi kalau kita bicara variable itu artinya kita bicara tentang sebuah unit dasar, identifikasi, konstanta, atau hal lain yang dapat dipersamakan dengan variable. Sama halnya seperti pada bahasa pemrograman lain dalam Java variabel juga merupakan unit dasar yang diperlukan untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu.

Hal ini dikarenakan pada memori komputer, setip variabel memiliki lingkup dan wakyu hidup didalam memori.

Java secara eksplisit mengharuskan kita untuk mendeklarasikan variabel untuk menghindari kesalahan ejaan (misspell) dalam nama variabel, Compiler sendiri akan menemukan kesalahan tersebut dan menampilkannya sebagai kesalahan Compiler (compiler error).

Berikut contoh variabel pada bahasa pemrograman Java :
- int : Untuk integer (semua angka) seperti 123 dan -456
- double : Untuk bilangan floating-point atau bilangan real dengan titik desimal opsional dan bagian fraksional dalam notasi tetap atau ilmiah, seperti 3.1416, -55.66.
- String : untuk teks seperti "Hello", "Good Morning!". teks harus diletakkan di dalam tanda petik dua (double quotes).

Agan dapat mendeklarasikan sebuah tipe/jenis variabel dan menetapkan sebuah nilai pada variabel tersebut. Contoh :
String name ="David";
Kode ini membuat sebuah variabel yang disebut dengan nama name dengan tipe variabel String, dan menetapkan sebuah nilai String yaitu "David".
Catatan Penting :
It is important to note that a variable is associated with a type, and is only capable of storing values of that particular type.
For example, an int variable can store integer values, such as 123; but it cannot store real numbers, such as 12.34, or texts, such as "hello".
Contoh Variable Declarations:
class MyClass {
public static void main (String[]args){
String name = "David";
int age = 42;
double score = 15.9;
char group = 'Z';
 }}
Char digunakan untuk huruf, variabel lain seperti Boolean yang hanya memiliki dua nilai yaitu: true dan false. Tipe data ini digunakan untuk menandai sebuah kondisi benar atau salah.
boolean online = true;
"You can use a comma-separated list to declare more than one variable of the specified type. Contoh : int a = 42, b = 11;
Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Variables
4/ 5
Oleh
Add Comments

Berkomentar lah dengan cerdas dan sopan, terima kasih
EmoticonEmoticon