Tuesday, July 25, 2017

Membuat program sederhana Java : Menampilkan Hello World

Membuat program sederhana Java : Menampilkan Hello World

Setelah sekilas memahami tentang sejarah dan motto bahasa pemrograman Java, sekarang mari kita coba memulai membuat program sederhana dengan Java, sebuah program pertama anda yaitu program yang akan menampilkan tulisan "Hello world".

Kenapa yah program pertama itu umumnya pake kalimat "Hello World" ?, kenapa gak "Halo Kawan", "Halo Dunia", ato " Halo oi", kalau ada yang bisa jawab silahkan di komentar ya, trus yang pasti karna penemunya bukan orang Indonesia, coba kalau penemunya dari Indonesia, orang batak pula, pasti "Hello World" diganti dengan "Horas Portibi Bah... !!!" ky lagu Despacito aja deh, coba kalau buatan kita jadinya "Deposito"..hihi.., oke kembali ke topik gan, berikut kode program untuk menampilkan "Hello World" :

public MyClass {
    public static void main(String [] args) {
       System.out.println("Hello world");
    }

Pada Java, setiap baris kode yang dapat dijalankan hanya bisa pada kode di dalam sebuah kelas (class). Pada contoh di atas kita menamakan kelas nya dengan MyClass. pada pelajaran selanjutkan kita akan belajar tentang apa itu kelas (class).

Pada setiap program Java, setiap aplikasi memiliki entri point atau starting point, yaitu sebuah method yang disebut dengan main. Keyword public static dan void juga akan dijelaskan pada penjelasan selanjutnya.

Ringkasan :
- Setiap program pada Java harus mempunyai kelas (class)
- Setiap program Java dimulai dari main method.

The Main Method
Untuk menjalankan program Java maka main method harus dituliskan identik dengan tanda di bawah ini :

public static void main(String[ ] args)

Dengan makna kode nya adalah sbb:
  • public : semua dapat mengakses
  • static : method dapat dijalankan tanpa membuat instance (setiap objek disebut sebagai instance dari sebuah class) dari kelas yang berisi metode utama
  • void : method tidak mengembalikan nilai apapun (any value).

Sebagai contoh, kode di bawah ini adalah sebuah method dengan nama test, method tersebut tidak mengembalikan sebuah nilai dan tidak memiliki parameter apapun :

void test()
Parameter sari sebuah method diletakkan di dalam kurung setelah nama method. Untuk main method di atas memiliki parameter array dari String yang disebut dengan args. Pada pelajaran selanjutnya akan kita jelaskan, jangan kuatir kita akan pelajari Java tahap demi tahap.

Sytem.out.println()
Selanjutnya adalah body dari main method yang terdapat di dalam kurung kurawal :

{
        System.out.println("Hello world");

Method println akan mencetak sebaris teks pada layar/monitor. Kelas (class) System dan out digunakan untuk mengakses println method.

Semicolon/titik koma (;) pada Java
Setiap kode program java harus diakhiri dengan semicolon (titik koma), Ingat : Jangan menggunakan semicolons/titik koma setelah method dan deklarasi class.

Kalau masih belum mengerti program Java yang sederhana ini tidak apa2, itu artinya anda mengalami apa yang banyak orang sudah alami, jadi sabar aja yah...sambil makan nasi padang sederhana, monggo dilihat2 lagi kode nya dan diresapi, nanti artike selanjutnya akan kami hadirkan untuk menambah pemahaman anda terkait Java.

Kalau masih bingung lagi, silahkan bertanya pada kolom komentar yah, jangan sungkan2, sungkan itu bukan orang Indonesia tapi orang India (Sh(ar)ungkhan), jadi jangan malu2in orang Indonesia, bertanyalah kalau masih bingung.
Membuat program sederhana Java : Menampilkan Hello World
4/ 5
Oleh
Add Comments

Berkomentar lah dengan cerdas dan sopan, terima kasih
EmoticonEmoticon