Monday, August 7, 2017

Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Java Comments

Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Java Comments

Berkomentar merupakan hal yang sering kita lakukan, mengomentari orang, mengomentari kejadian, dan lain sebagainya. Di dunisa sepak bola contohnya, kalau kita fans bgt ke satu klub sepak bola kita pasti akan mengomentari banyak hal-hal terkait tim itu, misal pemain nya, pelatih, jadwal, lawan dan lain sebagainya.

Sekarang yang lagi nge-trend adalah berkomentar di social media, sampe2 orang bikin akun khusus untuk mengomentari orang lain, contoh akun social media yang ngehits dengan berbagai komentar tentang gossip artis adalah akun @lambe_turah follower nya sangat banyak (+/- 3,2 Juta), jumlah yang sangat fantastis dan siap berkomentar atas setiap gambar yang di posting pemilik akun @lambe_turah.


Demikian juga halnya pada pemrograman Java, kalau kita lihat dan cermati setiap baris kode (source code) Java, pasti kita akan menemukan baris-baris kalimat yang disebut dengan komentar (Java comments).

Tujuan menggunakan komentar pada baris kode ini adalah untuk memberikan tanda, semacam pengingat agar si pembuat kode tidak lupa jika kembali lagi pada baris kode tersebut, atau bisa juga sebagai tanda bagi orang lain yang akan membaca source code dimaksud.

Nah sobat blogger cawang, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat komentar pada Java setelah kita belajar cara membuat program sederhana pada Java.

Java Comments (komentar Java)
Tujuan menggunakan komentar pada baris kode Java adalah untuk menjelaskan apa yang akan dikerjakan oleh baris kode Java tersebut. Java sendiri mengakomodir penggunaan komentar sebaris (single-line) maupun lebih (multiple-line).

Penulisan komentar sebaris (single-line) pada barisan kode Java harus dimulai dengan 2 (dua) garis miring depan // (forward slashes) kemudian dilanjutkan dengan isi komentar (ingat hanya sebaris aja yah), untuk lebih jelasnya silahkan cermati contoh dibawah ini :

// this is a single-line comment

x = 5; //a single-line comment after code

Multi-Line Comments
Java juga mendukung komentar yang membentang dalam banyak baris. Untuk membuat jenis komentar ini mulai dengan mengetik garis miring diikuti dengan tanda bintang, dan akhiri dengan tanda bintang diikuti dengan garis miring. Cermati contoh di bawah ini :

/* This is also a
comment spanning
multiple lines */

Perhatikan bahwa Java tidak mendukung komentar multi-nested yang tersembunyi. Namun, kita bisa menyelipkan komentar satu baris di dalam komentar multi-baris, perhatikan contoh berikut :

/* This is a single-line comment:
  // a single-line comment
*/

Documentation Comments
Komentar dokumentasi adalah komentar spesial yang memiliki tampilan komentar multi-line, perbedaannya dari komentar di atas adalah karena komentar ini akan masuk ke dalam dokumentasi eksternal dari source kode Java Anda.

Komentar dokumentasi dimulai dengan garis miring (/) diikuti dua tanda bintang (**), dan diakhiri dengan tanda bintang (*) diikuti oleh garis miring (/), perhatikan contoh di bawah ini :

/** This is documentation comment */

/** This is also a documentation comment */
Javadoc adalah alat yang dilengkapi dengan JDK dan digunakan untuk membuat dokumentasi kode Java dalam format HTML berupa source code Java yang memerlukan dokumentasi dalam format yang telah ditentukan.

Ketika komentar dokumentasi dimulai dengan lebih dari dua tanda bintang, Javadoc berasumsi bahwa Anda ingin membuat "kotak" di sekitar komentar di kode sumber. Javadoc akan secara otomatis mengabaikan tanda bintang ekstra.

/*******************

This is the start of a method


*******************/
Kode di atas hanya akan menghasilkan teks "This is the start of a method" untuk dokumentasi.

Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat berlatih menjadi programmer yang handal dan berkelas dunia, gw doain semua pembaca blog ini yang ingin jadi programmer kelas dunia bisa tercapai amin. Untuk konten yang lebih baik, mohon masukan dan kritikannya demi pengembangan blog ini agar menjadi blog berkelas.
Tutorial konsep dasar pemrograman Java : Java Comments
4/ 5
Oleh
Add Comments

Berkomentar lah dengan cerdas dan sopan, terima kasih
EmoticonEmoticon