Thursday, June 11, 2015

2 Alasan mengapa practice make perfect menjadi cara terbaik menciptakan kesempurnaan

2 Alasan mengapa practice make perfect menjadi cara terbaik menciptakan kesempurnaan

Di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa IT, seorang anak muda belia masuk dan bekerja di perusahaan tersebut. Katakan lah perusahaan tersebut bernama PT. Sitabahau Tech Integration. Pemuda yang baru masuk ini adalah lulusan dari kampus ternama di bandung dengan IPK pas - pas an alias 2,75.

Dalam keseharian nya bekerja disana Pemuda ini mencoba memperhatikan senior - senior nya yang sudah master mengerjakan berbagai aplikasi yang rumit dan kompleks. Mereka bekerja dengan begitu ahlinya sehingga tidak ada problema yang begitu sulit bagi mereka untuk diselesaikan.



Sehingga perusahaan pun tetap menghire dan menjaga mereka agar dapat tetap bekerja di perusahaan tersebut. Atas dasar pengalaman dan keahlian yang dimiliki, perusahaan memberikan sejumlah fasilitas.

Practice
Practice
Suatu ketika Programmer Muda ini berbincang - bincang dengan bos nya, yang sudah dianggapnya jadi guru, dia bertanya kepada gurunya yang merupakan seorang professor di dunia pemrograman, si programmer muda ini bertanya Guru agar suatu saat nanti saya bisa jadi ahli dan jago Programmer apa yang seharusnya saya lakukan, ketus si Pemuda.

Sang guru pun menjawab dengan sederhana "Practice Make Perfect", jawabnya. Si pemuda nanya lagi itu aja prof? gak ada rahasia lain ? Prof pun menjawab ingat itu saja lalu dia pergi meninggalkan si pemuda.

Memang benar sekali latihan adalah kunci untuk menjadi ahli dan pakar dibidang tertentu, bidang apapun yang kita geluti, latihan merupakan kunci untuk menjadikan kita pakar.

Ada dua alasan mendasar mengapa Practice Make Perfect ini menjadi cara untuk menciptakan kesempurnaan :

1. Menghancurkan kebuntuan

Pengulangan terus menerus yang dilaksanakan secara konsisten dan stabil akan memecahkan setiap kebuntuan. Tentu pengulangan ini harus dilaksanakan dengan menggunakan metode - metode yang terus dikembangkan, tetap mengulang dan tetap

Thomas Alva Edison membuat sejumlah metode baru dan terus berulang - ulang secara kreatif untuk menghasilkan atau membuat sebuah bola lampu.

Edison pun bukan tidak pernah gagal membuat lampu, ribuan kali dia mencoba, ribuan kali dia gagal menciptakan bola lampu. Dan Akhirnya dia berhasil di titik terciptanya sebuah lampu, sekalipun lampu tersebut merupakan lampu generasi pertama dan generai awal sebelum terciptanya lampu - lampu modern sekarang ini. itu !!

2. Pemahaman detail menjadi sempurna

Dengan pengulangan, pasti membuat pengetahuan terkait hal tersebut menjadi semakin detail dan semakin rinci. Pengetahuan yang detail dan rinci di 360 sisi adalah skill yang dimiliki oleh seorang ahli. Itulah sebabnya seorang ahli itu mahal bayarannya karena dia tahu dan dia mengerti seluruhnya 360 derajat.

Dengan pengetahuan yang seperti ini, tentu seorang ahli yang sudah tau secara rinci tidak pusing dan tidak perlu stress lagi untuk menghadapi setiap problema, setiap pekerjaan pun akan dapat diselesaikan dengan mudah dan elegan.

Kita harus menjadi ahli, dengan pengulangan dan pengulangan serta peningkatan metode secara kreatif terus - menerus. Orang yang detail pada umumnya adalah orang yang ahli, yang mempertimbangkan dan menganalisa dari berbagai aspek.

Berbagai contoh bidang : 
-  Programmer yang tiap hari mengulang - ulang bagaimana cara membuat aplikasi tentu akan menjadi semakin hebat dan semakin canggih dalam membuat aplikasi.

- Gitaris yang setiap hari berlatih memainkan gitar dengan mempelajari metode bermain gitar, mempelajari cara bermain gitar tentu suatu saat akan menjadi seorang gitaris handal

- Video editor yang rutin dan rajin membuat video akan ahli dan menjadi pakar video

- Web desainer akan ahli dalam membuat website apabila setiap saat mempelajari cara dan membuat website lebih banyak

- Karyawan yang bekerja setiap hari di sebuah bidang yang diberikan atau ditetapkan oleh perusahaan akan menjadi karyawan sukses di bidang tersebut apabila dilakukan secara berulang dan tekun.

- Seorang anak yang ingin mengusai matematika, tentu akan ahli di bidang matematika apabila dengan tekun dia mempelajari matematika tersebut secara rinci setiap hari, sekalipun masih belum mengerti tetapi terus mencoba hingga berhasil.

- Guru yang ingin menguasai sebuah bidang ingin terus menjadi yang terbaik di bidang tersebut tentu setiap hari harus melakukan pengulangan demi pengulangan untuk dapat menjadi ahli dan guru handal.

Sudah tentu orang yang profesional seperti ini akan menjadi berlian - berlian bangsa, aset - aset negeri ini. Mereka ini adalah andalan - andalan para petinggi negeri, andalan masyarakat, andalan perusahaan, andalan dunia.

So, jangan ragu, kembangkan terus dirimu dan berjuang lah terus hingga kau temukan bidang yang ingin kw fokus kan. Dan jadilah master di bidang tersebut.
2 Alasan mengapa practice make perfect menjadi cara terbaik menciptakan kesempurnaan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Berkomentar lah dengan cerdas dan sopan, terima kasih
EmoticonEmoticon